Rabu, 28 Desember 2011

CINTA VS NAFSU


OLEH: AMIN
MAHASISWA IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Blog.aminbinyusuf.blogspot.
 
Terkadang kita bingung dengan perasaan kita sendiri, sedikit suka, sedikit kagum, dan sedik
it perhatian semua logika diartikan cinta. Bagi pria yang gak sensitif mengenai hal ini harus mulai belajar mengenai hati dan perasaan.
     Cinta kasih, sayang, kemesraan, pemujaan dan belas kasihan merupakan bagian hidup diri manusia. Bentuk-bentuk kehidupan yang dipeuhi rasa cinta kasih sayang dapat membangkitkan kreativitas manusia. Untuk mengungkapkan kasih sayang dan cinta kasih dapat melalui beberapa media, melalui media bahasa,
     Menurut purwodarminto, cinta kasih, adalah prasaan sayang, prasaan cinta, dan perasaan suka pada seseorang secara sederahan cinta dapat dikatakan sebagai paduan rasa simpati antara dua mahkluk. Rasa simpati ini tidak hanya berkembang di antar pria dan wanita, akan tetapi dapat pula di antara pria dan wanita atau wanita dengan wanita.
Kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihakdi tuntut rasa tanggung jawab, pengorbanan dan kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka sehingga keduanya merupakan kesatuanyang utuh. Bila salah satu dari unsur tersebut hilang, maka retaklah keutuhan sebuah hubungan .
     Cinta dan kasih sayang memang sangat terkait dengan kehidupan manusia. Hampir semua manusia mengatakan bahwa cinta adalh sesuatu yang pentingdalam hidup. Dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan orang tidak pernah berfikir tentang apa dan bagaimana cinta itu. Menurut erich fromm, cinta dapat di ibaratkan sebagai suatu seni sebagaimana bentuk seni lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latiohan untuk dapat mengapainya.
CINTA DAN PELEBURAN DUA PRIBADI
     Cinta menyatukan dua mahlkluk tetapi tidak meleburkan pribadinya kerena daya tarik cinta terletak pada keunikan masing-masing pribadi.
Yang dimaksud dengan penyatuan di sini adalah kemauan berpartisipasi secara aktif dalam ruang kehidupan yang sama untuk saling mendukung pertumbuhan serta perkembangan dua pribadi dengan segala keunikan dari masing-masing.
Syarak cinta ialah kerendahan hati kepada orang yang memanggilnya kesediaan kepada orang yang di panggil. Dalam cinta timbul cummunication, kebersamaan yang sungguh-sungguh komunikatif. “mencintai” selalu mengandung imbauan (invocation) kepada sesama. Akan tetapi cinta pada suatu saat akan putus secara mendadak karena adanya penghianatan terhadap partner dalam cinta. Lalu kepada siap rasa cinta di berikan ? sebagaimana manifes cinta, manusi memilki berbagai lambang atau simbol untuk mengungkapkanya. Simbol tersebut memberikan suatu makna komunikasi cinta pada seseorang, lalu kemudia dari simbol tersebut memberika reaksi terhadap prasaan yang ingin di sampaikan oleh seseorang . simbol yang dilambangkan dalam hal ini merupakan ciri khas dari intraksi antar manusia. Dari kekhasannya , bahwa manusia saling menerjemahkan dan saling mendifinisikan terhadap tindakan. Bukan hanya sekedar reaksi belaka akan tetapi di dasarkan atas makna yang diberikan tindakan orang tersebut untuk memberikan rasa cinta pada seseorang. Sebagai contoh dikatakan oleh filsuf islam , al-kindi: “ jika bau sedap malam dicampur dengan bau mawar akan lahir bau baru yang akan membangkitkan prasaan cinta dan bagga.” Cinta hanya dapat di ilustrasikan dengan memberi bukan meminta sebagai dorongan mulia untuk menyatakan eksistensi dirinyta atau aktualisasi dirinya kepada orang lain.
Kesanggupan untuk mencintai seseorang lahir karna berakar dari kesanggupan untuk mencintai diri sendiri. Cinta bukanlah seperangkat pelamiasan nafsu terhadap sesama akan tetapi sebuah gerakan untuk menyataka esensi dirnya sebagai mahluk yang punya rasa cinta.
Dalam membina gerakan cinta yang pertama perlu cepat di sadari bahwa yang disebut cinta sama sekali bukan lah nafsu, rasa cinta itu murni yang di rasakan seseorang terhadap orang lain.
PERBEDAAN CINTA DENGAN NAFSU
            Perbedaan cinta dengan nafsu kalau kita lihat dengan berbagai persfektif ilmu pengetahuan: pertama , cinta bersifat manusiawi , pada manusia cinta dapat tumbuh dan berkembang, sedangkan pada binatang hanya terbatas pada nalurinyauntuk melindungi.
Kedua, cinta bersifat rohaniah, sedangkan nafsu sifatnya jasmaniah. Kalaupun cinta seseorang memberikan semangat dalam hidupnya dan bagi yang menerimanya di rasakan sebagai kebahagiaan. Sementara nafsu yang jasmaniah cendrung untuk memuaskan  dorongan seksual. Ketiga, cinta menunjukan prilaku memberi, sedangkan nafsu cendrung menuntut. Pemberian cinta dilakukan secara halus karena rahaniah, sifatnya. Seangkan dorongan nafsu mudah dilakukan sebagai paksaan.
Bagaimana mengatakannya
Mengucapkannya aku tak mampu
Lihatlah mataku jauh kedalam hatiku
Disitu tertoreh lukisan elok dirimu
Senyum manis dan mata indahmu
Tak berdaya aku mengahapusnya
Ingin kuungakapkan rasa
Melalui sekuntum bunga, harumnya cinta
Tapi belum mampu mewakili deburan ombak asmara
Ibarat samudera bunga itu setetesnya
Kasih, bukalah hatimu terimalah samudera cintaku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sample text

Social Icons

Powered By Blogger

Ads 468x60px

Social Icons

Featured Posts